Sejarah Tragedi Ledakan Reaktor Nuklir Chernobyl

Pada 26 April 1986, dini hari pukul 01.23, reaktor nomor 4 dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Chernobyl meledak. Ledakan tersebut lantas diingat sebagai kecelakaan reaktor nuklir terburuk dalam sejarah.

Chernobyl merupakan pembangkit listrik tenaga nuklir milik Uni Soviet dan terletak di pemukiman Pryp’yat, barat laut kota Chernobyl yang saat ini masuk wilayah Ukraina. PLTN itu memiliki empat reaktor nuklir masing-masing mampu menghasilkan tenaga listrik hingga 1.000 megawatt.

Dilansir dari Britannica, detik-detik terjadinya ledakan bermula pada 26 April 1986. Ketika itu, teknisi di reaktor nomor empat mencoba bereksperimen. Eksperimen tersebut berupa mematikan sistem pengaturan daya reaktor dan sistem keselamatan daruratnya. Setelah itu, para teknisi mereka menarik sebagian besar batang kendali dari inti reaktor sambil membiarkan reaktor terus berjalan dengan daya 7 persen.

Kesalahan ini diperparah oleh yang lain dan pada pukul 1.23 pagi dini hari pada 26 April reaksi berantai di inti reaktor menjadi tidak terkendali. Setelah itu, terjadi lonjakan energi secara tiba-tiba dan tak diduga. Beberapa ledakan memicu bola api besar dan meledakkan baja berat dan tutup beton reaktor.

sumber: kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *